Friday, September 9, 2011

Saya Minat Awak

Assalamualaikum wrbt.

1. Hurlock (1993) menjelaskan bahwa minat adalah sumber motivasi yang mendorong seseorang untuk melakukan apa yang ingin dilakukan ketika bebas memilih. Ketika seseorang menilai bahwa sesuatu akan bermanfaat, maka akan menjadi berminat, kemudian hal tersebut akan mendatangkan kepuasan. Ketika kepuasan menurun maka minatnya juga akan menurun. Sehingga minat tidak bersifat permanen, tetapi minat bersifat sementara atau dapat berubah-ubah.

2. Crow & Crow (1984) menjabarkan bahwa minat dapat menunjukkan kemampuan untuk memperhatikan seseorang, sesuatu barang atau kegiatan atau sesuatu yang dapat memberi pengaruh terhadap pengalaman yang telah distimuli oleh kegiatan itu sendiri. Minat dapat menjadi sebab sesuatu kegiatan dan hasil dari turut sertanya dalam kegiatan tersebut. Lebih lanjut, Crow and Crow menyebutkan bahwa minat mempunyai hubungan yang erat dengan dorongan-dorongan, motif-motif dan respon-respon emosional.

3. Meichati (Sandjaja, 2005) mengartikan minat adalah perhatian yang kuat, intensif dan menguasai individu secara mendalam untuk tekun melakukan suatu aktivitas.

4. Aiken (Ginting, 2005) mengungkapkan definisi minat sebagai kesukaan terhadap kegiatan melebihi kegiatan lainnya. Ini berarti minat berhubungan dengan nilai-nilai yang membuat seseorang mempunyai pilihan dalam hidupnya, hal tersebut diungkapkan oleh Anastasia dan Urbina (Ginting, 2005)

5. Tampubolon (1993) mengemukakan bahwa minat adalah perpaduan antara keinginan dan kemauan yang dapat berkembang jika ada motivasi.

*semua pengertian minat diambil dari http://mathedu-unila.blogspot.com/2009/10/pengertian-minat.html

6. Minat pada gua adalah tengok bola sambil minum teh o panas di samping rakan-rakan yang mempunyai minat yang sama. Tiada lain.

7. Maka, dengan sumber motivasi yang ada, gua akan balik untuk menonton bola pada esok hari.

8. Mungkin ini akan menjejaskan beberapa perkara.

9. Tetapi kecenderungan mendapatkan kepuasan dari aktivitas itu mengalahkan semua yang lain.

10. Aku percaya kita semua bebas membuat pilihan.

11. Mungkin kali ini pilihan aku untuk meminati bolasepak sepenuh jiwa adalah salah.

12. Mungkin.

13.Tapi, siapa tahu.

14. Oh, gua juga mempunyai minat terhadap wanita-wanita comel. Cuma gua segan nak war-warkan.

Sekian, 
Selamat Berbulan Mesra.
Salam alaykum.



No comments: